Pelajaran Awal VisualBasic.Net

Posted: Oktober 27, 2010 in Pemograman

Salam sejahtera semuanya, semoga kita selalu berada dalam lindungan NYA,amin.

By. Ridwan Aceh

Aku baru tau kalau VB 6.0 berbeda dengan VB.Net soalnya program yang pernah aku buat menggunakan VB 6.0 gak bisa dibuka pake VB.Net gitu… kalau dari listing programnya aku gak tau berbeda jauh apa nggak soalnya belum bisa banget menggunakan program itu. hanya selayang pandang… berdasarkan tampilannya, jelas beda… sepertinya lebih mudah VB.Net (*Newbie … maklumin aje ye…

OK, lanjutkan!

Visual Basic.Net untuk orang awam sepertiku, baru mempelajari program ini:

algoritmanya sederhana saja.yang terpenting harus diisi nilai Quiz, UTS dan UAS.

deskripsi soal:

—————————
input
—————————
nama mahasiswa    : textbox
mata kuliah            : Combobox
nilai quiz                : Textbox, nilai tidak boleh lebih dari 100 (0…100)
nilai UTS               : Textbox
nilai UAS              : textbox

————————–
proses
————————–
nilai akhir    : textbox —> 20% dari nilai quiz + 30% dari UTS + 50% dari UAS

————————–
output
————————–
nilai huruf    : textbox
jika nilai akhir >= 80 maka nilai huruf = “A”
jika nilai akhir >= 70 maka nilai huruf = “B”
jika nilai akhir >= 60 maka nilai huruf = “C”
jika nilai akhir < 60 maka nilai huruf = “D”


jadi… skrip yang aku buat adalah:

 

Public Class Form1
Dim kuis As Single
Dim uts As Single
Dim uas As Single
Dim nilai_akhir As Single

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

If txt_nQuiz.Text > 100 Then
MsgBox(“Tidak Boleh Melebihi dari 100″)
txt_nQuiz.Text = “”
txt_nQuiz.Focus()
Else : kuis = txt_nQuiz.Text
End If

If txt_nUts.Text > 100 Then
MsgBox(“Tidak Boleh Melebihi dari 100″)
txt_nUts.Text = “”
txt_nUts.Focus()
Else : uts = txt_nUts.Text
End If

If txt_nUas.Text > 100 Then
MsgBox(“Tidak Boleh Melebihi dari 100″)
txt_nUas.Text = “”
txt_nUas.Focus()
Else : uas = txt_nUas.Text
End If

nilai_akhir = ((kuis * (20 / 100)) + (uts * (30 / 100)) + (uas * (50 / 100)))
txt_nAkhir.Text = nilai_akhir

If nilai_akhir >= 80 Then
lbl_nhuruf.Text = “A”
ElseIf nilai_akhir >= 70 Then
lbl_nhuruf.Text = “B”
ElseIf nilai_akhir >= 60 Then
lbl_nhuruf.Text = “C”
Else
lbl_nhuruf.Text = “D”
End If

End Sub
End Class

ya begitulah. silakan kembangkan sendiri.haha… tampilan akhirnya begini nih:

ada yang kurang? mau protes? silakan isi pada kolom komentar. hehe… ^^v mari kita sama-sama belajar. yang udah mahir ajarin yang belum mahir, yang belum mahir, jangan malu bertanya pada yang sudah mahir. jadi, bagaimana pak/bu mahir? mau ajari saya???

Komentar
  1. MENONE mengatakan:

    waaaaahhhhhhhh apaan to boz……….. menone ga mudeng nich maklum ga ngerti sama sekali apaan to program hehehehehehe…….. menone emang katrok hahahahahaha…. salam persahabatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s