Proses Program Magang Kelompok 12

Posted: Oktober 26, 2010 in Actifitas Magang

Salam sejahtera semoga kita semua berada dalam lindungan NYA selalu,Amin…

Selasa, 26 Oktober 2010. terlebih dahulu kita mau melaporkan bahwa untuk team kita yang magang di Sekolah SMA PGRi Jatinangor untuk sisa magang dua hari ini, tidak bisa kami mengajrakan lagi. dalam artian bahwa para siswa nya tidak ada waktu lebih untuk belajar, mereka masuk dikelas masing2 untuk mengejar ujian yang sebentar lagi. seperti yang kami posting kan kemarin, bahwa para siswa yang mengikuti belajar hanya para siswa yang kosong belajar dikelas masing2,,jadi hari ini gak da yg kosong belajar dikelas, jadi kosong lah siswa dikelas magang. untuk besok nya apabila kondisi akan seperti ini lagi juga, dan besok merupakan hari terakhir proses magang, kita akan buat semacam Perpisahan kepada pihak sekolah,, gak bikin acara makan2 sihhhh,,, cuma mau pamitan saja sama semuanya yang disekolah. mau minta maaf apabila ada salah,, da khilaf bicara,,dlll….,,. sekian info tuk proses magang team.

Nah,,sekarang ni kita akan menjawab soal2 Ujian yang dikasih mas Faisal,,kok soal ujian sih,,, ya gak tahu.. pokoknya disuruh jawab,, kan kalau dah urusan menjawab berarti soal kan,,,he,he,heeeeeee… oke deh,, kita mulai jawab tu soal nya yaaa….

1.Sudah berapa (Rp) Technopreneur yang dihasilkan…???

Jikalau melihat dari proses Magang yang kami laksanakan di Sekolah SMA PGRI Jatinangor sejujur nya kami katakan cuma Rp. 0, bayangkan saja ,kita tawarkan Tutorial saja tuk siswa nya ,gak ada yang berminat      satupun ,,parah lagi nih,, Sang Guru nya,, kita rencana kan buat pelatihan tuk mereka,,nah,,mereka mau katanya asal GRATIS semua,,gk bayar gitu,, Sertifikat kita keluarkan ,minta gratis pula,,capek deeeehh. tu tuk Technopreneurnya disekolah. kalau di team kita sudah ada penjualan RP. 100.000 hasil penjualan Game RPG Maker,,insya Allah minggu2 kedepan akan ada lagi.  tunggu saja ya…..

2. Apa saja yg sudah diajarkan….???, Bagaimana hasilnya…???

Sesuai dengan RPP yang kami buat, memang banyak mengalami perubahan dikarenakan siswa yang ikut tidak berkelanjutan,, maksudnya setiap hari siswa yg ikut berbeda beda, jdi kami harus mengulang hal yang sama untuk siswa yang berbeda. tpi setidak nya target kita tercapai ,,ya 60% lah,, yang kita ajarkan adalah : RPG Maker, M-Jeni Java Mobiles dan LMS Moodle. tuk hasilnya, perlu kami laporkan bahwa sebagian siswa agak susah di M-Jeni nya, karena tidak suka coding dan gak mau repot, RPG Maker jadi kebanggaan siswa dan LMS Moodle membuat inspirasi mereka tuk membuat Desain Website sendiri disekolah.
3. Bagaimana tanggapan pihak sekolah selama magang berlangsung…???

Tanggapan Pihak sekolah selama kami melaksanakan proses Magang sangat baik, tpi ada sedikit kekecewaan bagi kami,,, sedih emang,, cerita gak yaa,,,. gini lho,, selama kami magang disana belum Secangkir pun kmi melihat ada kek Minuman yang diberikan,, jangankan secangkir,, setetes saja gak,,, Sedih gak,,, hik,hik,hikkk….,, untung siswa baik2 ,terutama siswa cewek nya,,he,he,heee…
4. Seberapa berperannya program magang ini buat sekolah2 ditempat kalian magang..??

Hasil kami diskusi dan share dengan para siswanya sendiri,, mereka mengatakan bahwa selama ini mereka sekolah disana apalgi yang dri SMK, sangat sedikit mereka melakukan praktek di Lab,, dn para Guru nya pun sering tidak masuk pelajaran. jadi pengetahuan mereka tentang Ilmu komputer sangat sedikit. jadi ,dengan kedatangan team kami kesana memberikan ruang gerak bagi mereka untuk bisa melakukan praktek langsung di Lab komputer tanpa hanya membaca dan mendengar teori doang. dan metode yang kami ajarkan pula membuat mereka senang, karena tidak kami lanjutkan sebelum para siswa bisa. sampe bolak balik untuk membimbing mereka step by step.

5. Bagaimana antusia para siswa/siswa atau guru2 yang diajarkan selama mengikuti proses magang ini…??

Antusias para siswa snga mendukung seperti kami gambarkan diatas,,, cuma dalam minggu terakhir gak bisa belajar karena mereka sendiri harus belajar dikelas masing2. tuk Guru kami tidak mengajarkan krena alasan waktu yang tdak tersedia.
6. Bagaimana cara kalian mengatasi keterbatasan2 yang ada dalam proses magang ini..??

Seperti biasa dan bisa dilihat di Foto Dokumentasi team bahwa untuk mengatasi maslah infocus yang tidak tersedia,, kita mencoba menaruh sebuah PC ataupun Laptop didepan atas sebuah meja, walaupun para siswa harus usap usap mata tuk melihat karena kecil nampak,, tpi cara ini berhasil juga. dan kita tuk proses belajara nya,, satu menjelaskan didepan dan dua orang lagi membimbing mereka dibelakang dan disamping nya.

7. Adakah satu tim/ kelompok yang tidak berperan dalam kegiatan KBM dalam proses magang…??? Tolong dijawab sesuai fakta dilapangan jangan hanya tidak enak karena teman

ni dia yang soal bikin ancaman,,, he,he,he,eeeee…..  sejujurnya kita katakan bahwa dalam melakukan proses magang ada 1 orang bergantian yang kadang tidak bisa hadir ke sekolah, cuma kalau untuk semua nya si dia tidak hadir trus,,sumpah tidak ada dalam team kita. kami menyadari bahwa tujuan dri pembentukan kelompok ini untuk mempersatukan mahasiswa,, sepeti sering di singgung mas Rizal Adompo,, dlll.. jadi kita bisa memaklumi kalau da salah dri team yang tidak bisa ikut magang krena alasan tertentu. banyak tugas lain dikelompok, jdi kita coba bagi2, maksudnya, jika seorang dri kita punya potensi tuk meyelesaikan tugas lain dri kampus seperti Blender, RPG dn sidia sdah bnyak berbuat dulunya, walaupun dia tidak ikut partisipasi dalam magang, kita memberikan keringanan baginya, artian gak apa2 dia tdak ikut magang, tpi dia sudah berbuat di Tugas lain nya, jdi tidak da yg dikecewakan. KEKOMPAKKAN tetap kita pegang,, ocey kan…
8. Dalam proses magang, siasat/ strategi apa yang kalian terapkan dalam proses magang terutama dalam pengajaran kepada para siswa/siswi…???

yang jelas bukan siasat tuk merayu para siswanya kan,,,ha,ha,ha,haaaaaaa….  kalau berbicara masalah siasat ataupun strategi team., sebenar gak banyak,tergantung dri kemauan para siswa nya untuk mengikuti proses magang ini. tanpa kita siasati pun mereka akan ikut., kita buat mereka senang dlam kelas, menceritakan penglaman2 seru.,, terutama kita mencoba menceritakan tentang bagaimana sistem perkuliahan di Seamolec dn ITB, walaupun kita belum prnah menghadirkan langkah di ITB ,,he,heee.. jdi kita berikan motivasi bgi mereka. dan juga kita sharing tentang Budaya daerah kami dengan Sunda sini, kan team kami 2 orang dri Aceh, jdi mereka sering nanyak tu gimana tgal disana, tentang GAM lah, tentang syariat isalam,dlll.. jdi ditengah belajar kita sempatkan waktu tuk diskusi dn share masalah tersebut, jdi mereka tidak merasa bosan.
9. Materi pengajaran apa saja yang disenangi selama proses magang….????

pembelajaran LMS Moodle dan RPG Maker, saya tidak memberikan alasan kenapa,,, yg jelas mereka antusias mengikuti nya.

10. Berapa produk/ materi yang terselesaikan…?? Tolong dibuatkan back up hasilnya

gini mas,,, minta maaf untuk pertanyaan ini belum ngerti gimana maksudnya ,, tpi akan kita jelaskan semuanya di Laporan Akhir team.
11. Menurut kalian apakah program magang ini bermanfaat/ berguna untuk khalayak ramai baik untuk para sekolah, guru dan para siswa yang diajarkan…??

sebenarnya berguna krena kita memberikan ilmu kepada orang lain yg butuh,… demi memajukan pendidikan Indonesia yang lebih maju,,Copy Motto mas faisal,,he,hehee… tpi saran kita, apabila nanti melaksanakan program seperti ini lgi, harus melalui proses yang benar2 maksimal.,, jangan cuma 1 bulan saja, dn Fasilitas pembelajaran pun harus diperhatikan., dan juga kemampuan para Pengajarnya,, maksudnya, kayak M-Jeni, setidaknya pembelajaran seperti itu jangan disuruh ajarkan kepada para siswa yg di SMA, krna mereka tidak pernah belajar tentang itu disekolah,.., tu cocok bgi Siswa SMK. tolong dipilahkan pelajaran apa yang cocok diberikan /diajarkan dalam jangka waktu 1 bulan dan sekolah tersebut cocok nya diajarkan pembelajaran apa. tu dia.
12. Apakah kalian mendapatkan ilmu yang baru..?? Sebutkan.

berbicara Ilmu sih,,dah banyak ilmu yang kita dapat selama ini,,  jujur kalau kita pribadi bukan team,, gak ada Ilmu baru yang didapat selama proses magang.
13. Bagaimana cara kalian menyiasati materi yang belum kalian ketahui dan temukan jawaban pada saat pelaksanaan magang di sekolah2..???

kita mengajarkan bukan seorang diri, da teman yang temani. prinsip nya, kita yang jadi pengajar dikelas, pemimpin dikelas, jika ada pertanyaan siswa yang berat, kita tunda dulu sampe besok kita cari jawaban bersama.

tu saja jawaban untuk soal Mas Faisal..,, kalau diberikan penilaian ,,beri nilai 100 ya mas,,,he,he,he,heeeeeeeeeeee

thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s