Tampilkan Timer, Nyawa dan Score dalam Game M-Gatot

Posted: September 24, 2010 in Actifitas Kuliah

My

YAKUSA

Gak banyak cakap dan gak banyak basa basi lagi,,, maklum ngebuat ni ni pas lagi belajar kuliah, maklum saja kelompok kita sudah selesai persentasi Tugas RPG-Maker,,, jadi sambilan ni bagi2 ilmu tuk semuanya,,, walaupun cuma sedikit…he,he,he……

langsung saja saya akan tunjukkan gimana caranya memasukkan Tulisan Waktu atau Timer, tulisan Nyawa, dan Tulisan Score dalam Game M-Gatot.

1. Langkah pertama, sebelum nya kita sudah menampilkan Bacground Gambar dalam Game,, sekarang kita coba tambahkan Tulisan Waktu atau Timer, tulisan Nyawa, dan Tulisan Score di Game,,, Timer nya langsung berjalan,, bukan jalan2 sih,,, mksudnya dah Aktif…..,.!

pertama Variabel kan kode berikut paliiiiiiiiiiiiiiiiiing atas,,,,.

private boolean play;                                // variabel boolean play untuk jalankan timer nya
private Timer timer;                                  // Variabel timer
private int Waktu = 60;                           // Variabel  pengaturan waktu pertama kali mulai
private int Score =0;                                // Variabel score pertama player
private int Nyawa =5;                            // Variabel Nyawa player

2. Sesudah selesai kita tambahkan kode berikut dlam method GamePlay Midlet (){

public GamePlay(Religius midlet) {
super(true);
this.midlet = midlet;
timer = new Timer();
timer.scheduleAtFixedRate(new  TimerTask(){

public void run() {
Waktu–;
}
},1000,1000);

}

ket : Kode yang ditambahkan di kasih miring,,,,  Timbul error disamping tinggal Klik saja otomatis akan hilang sendiri.

3. Selanjutnya tambahkan Kode berikut di Method Run(){

public void run() {
Graphics g = getGraphics();
while (play) {              // kode untuk memulai game dan juga timer nya aktif

try {
g.setColor(255, 255, 255);                 // kasih warna tulisan Waktu

g.drawImage(bg, getWidth() / 2, getHeight() / 2, Graphics.HCENTER | Graphics.VCENTER);

g.drawString(“Waktu ” + Waktu, 80, 10, 0);            //  tulisan waktu dan posisi tulisan di dalam game.
g.setColor(255,0,0);                                                       // memberi warna tulisan nyawa dan nilai
g.drawString(“Nilai : ” + Score, 160, 10, 0);           //
tulisan Nilai dan posisi tulisan di dalam game.
g.drawString(“Nyawa : ” + Nyawa, 160, 30, 0); // tulisan Nyawa dan posisi tulisan di dalam game.

flushGraphics();
Thread.sleep(20);
} catch (InterruptedException ie) {
ie.printStackTrace();
}
}
}
}

ket : Kode yang ditambahkan di kasih miring,,,,

4. Kita tambahkan kode berikut didalam Method Action (){ untuk men inisialisasikan boolean play.

play = true;

5. Selesai sudah kode nya,, simpel kan……………………..

jalankan game .,, tampilan nya

Dah dulu,,,, salam alaikum,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,   mau Shalat dulu,,, istirahat sore kuliah.

tolong kritik dn saran.,,,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s