Kode Tampilkan Bacground GamePlay M-Gatot

Posted: September 24, 2010 in Actifitas Kuliah

By. Ridwan Aceh

Motto : Yakin Usaha Sampai

Oke kawan2, ketemu lagi dalam pembelajaran M-Gatot Game,,, agak capek juga pelajari coding2 ni, semalaman utak atik,, hanya tuk mencari kode tampilkan ni gambar dalam game,,, ini merupakan tulisan saya sebagai lanjutan dari pembelajaran M-Gatot sebelum nya..,,,.

sebenarnya kode ini adalah kode yang sangat simpel,, bagi yg sudah tahu, karena cuma tuk nampilkan gambar Bacground dalam GamePlay saja,,.. gak rumit,, cuma saya hanya ingin membagi ilmu saja bagi semua yang ingin tahu langkah step by step nya,,,, bukan hanya kita Copy Paste,,,, siapa gak bisa Copy paste,,hi,hi,hi,hi,hi,,,……. oke deh! sebelum ya kemarin kan kita sudah buat menu tu , sekarang ketika kita klik tu tombol dalam Sub Menu ,kan gak ada reaksi apa2,,, nah, sekarang kita akan buat code di Tombol Start (Mulai) untuk menampilkan Class Game Play yg akan kita olah jadi Game nantinya,,,. oke deh, kita mulai saja ya!

1. Langkah pertama kita Buat dulu Class baru” Java Class” dalam project kita, Klik Kanan dalam Project-New-Java Class. Namakan Class tersebut “GamePlay” sudah tu Klik Finish.

2. Sekarang kita sudah punya CLass GamePlay yang akan kita kasih Kode Nantinya…,, Tampilan kode apabila kita buat class Baru default nya adalah :

public class GamePlay {

}

3. Sekarang kita akan kasih kode,, kode pertama

Sperti biasa prtama kita Wariskan class keclass GameCanvas,, kode pertama tadi Tambahkan  :

public class GamePlay extends GameCanvas implements Action, Runnable{             // Da error disamping klik saja.

Sesudah itu tambahkan :

private Religius midlet;                         // kode untuk variabel midlet

Buat Methode baru

public GamePlay(Religius midlet) {                  // methode game Play
super(true);
this.midlet = midlet;
}

4. Sekarang Kita buat method baru untuk mengambil Gambar Bacground

public void init() {                                                                              // 1
try {
bg = Image.createImage(“/image/bg.png”);                            // memanggil image, pastikan gambar bacground sudah ditambahkan di project anda

} catch (IOException ex) {
ex.printStackTrace();                                                                     // kode yg muncul apabila error diklik
}
}

ket : Pertama kita tulis kode ,timbul error disamping, Klik saja.

5. Tambahkan Methode Baru untuk Action atau pemanggilan class/method

public void action(int i) {                                      // Variabel integer i
if (i == 0) {
init();                                                                        // pemanggilan method init
setFullScreenMode(true);
midlet.getDisplay().setCurrent(this);

new Thread(this).start();                                       // menjalankan thread
}
}

6. Di Method Run kita Tambahkan Variabel Berikut :

public void run() {
Graphics g = getGraphics();
try {
g.drawImage(bg, getWidth() / 2, getHeight() / 2, Graphics.HCENTER | Graphics.VCENTER);
flushGraphics();
Thread.sleep(20);
} catch (InterruptedException ie) {
ie.printStackTrace();
}
}

7. Setelah selesai kita ketikkan kode diatas, sekarang kita tambahkan pemanggilan Class GamePlay di Midlet nya,,, yaitu :

action[0] = new GamePlay(this);                            // berfungsi untuk memanggil Class GamePlay.

8. Sampai disini sudah selesai kode, kalau kita jalankan Game,, kita Klik Tombol Start atau Mulai, akan nampak seperti pada gambar :

9. Selesai kita buat Bacground di Game, kode lengkap nya adalah :

public class GamePlay extends GameCanvas implements Action, Runnable {

private Religius midlet;
private Image bg;

public GamePlay(Religius midlet) {
super(true);
this.midlet = midlet;
}

public void init() {
try {
bg = Image.createImage(“/image/bg.png”);
} catch (IOException ex) {
ex.printStackTrace();
}
}

public void action(int i) {
if (i == 0) {
init();
setFullScreenMode(true);
midlet.getDisplay().setCurrent(this);
new Thread(this).start();
}
}

public void run() {
Graphics g = getGraphics();
try {
g.setColor(255, 255, 255);
g.drawImage(bg, getWidth() / 2, getHeight() / 2, Graphics.HCENTER | Graphics.VCENTER);
flushGraphics();
Thread.sleep(20);
} catch (InterruptedException ie) {
ie.printStackTrace();
}
}

}

Oke teman2 mua nya, sekian dulu tuk hari ini , ntar kita sambung lagi tuk Buat Game Play nya lebih mnarik tuk jadi sebuah Game,,,,,

Ketemu lagi di Tutorial Pembelajaran M-Gatot selanjutnya,,,, See You Next Time

tolong saran dan kritikan nya ke Penulis..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s