Belajar Pertama M-Gatot Menu Game’s

Posted: September 22, 2010 in Actifitas Kuliah

By. Ridwan Aceh

awalnya kami jadi penasaran ,M-gatot tu mata kuliah apa sih,,, laen saja nama nya…, malahan sempat terpikir bahwa tu mata kuliah ciptaan pak Gatot, empunya Seamolec…,, persis nama nya….

Belajar M-Gatot sebenarnya nih, sama juga sih kayak M-Jeni…, coding coding gitu…,, ni pengalaman pertama kawan2, jdi apa yang aku tahu tu saja yang kutulis,,,, ya, iyalah… yg gak tau kan gak ditulis.

Mata Kuliah ni, diasuh langsung oleh Dosen baru kita,, kayak nya Asisten sih,.  Mas Nugraha dari Bekasi yang Batch II sebelum kita datang. Pengajaran Dia  Asyik,,,. Orang nya suka senyum dn ketawa,, jdi nampak deh Ganteng nya,, hi,hi,hi,,, tapi bukan nya suka kawan2….,, ntar dikirain jeruk makan jeruk lagi.,, ih,,, ngeri.

methode yang diajarkan adalah langkah yang lebih enak dn praktis dalam pemograman Java Mobile’s…. kalau dulu pertama kli Mas Rizal Adompo ngajarin pake code yang menurut mas Rizal sndiri lbih praktis sih,,,,, Aku juga dukung , krna saya paham apa yang diajarin mas Rizal,,, Ngefans ma mas Rizal,,, hi,hi,,hi,,..  coding M-Gatot lebih sederhana, sebagai contoh : Pembuatan Menu Game, kalau mas Rizal pola buatnya memakai Class Baru, tapi yg ni ni lgsung Di Class Midlet nya…,, Praktis gak… trgantung kwan2 yang nilai nya deh..

ni aku jelasin dikit langkah2 Coding dengan M-Gatot ( Belajar Pertama ) membuat Menu Melalui M-Gatot

  1. Buka NetBeans, klik File-Newsproject

2. Tampilan berikut ,di Categories pilih Java ME and Project pilih Mobile Application’s, Next.

3.  Tulis Nama folder, Hilangkan centang di “Create Hello Midlet” Next.

Emulators pilih “Wireless toolkit 2.5” device profile’s ganti di “ MIDP-2.0” liat gambar, Finish langsung .

Sesudah itu, langsung Buat class Midlet di dalam Project Kita,,,,  Nama nya terserah kita ……, klik Finish,,,.  lihat gambar

Sebelum kita mulai coding, kita Impor terlebih dahulu ,Engine M-Gatot kedalam project.,, Caranya…  di dalam project di Bagian resource nya kita Add File M-Gatot,,,.

Klik Kanan di Resource-Add file Jar-Pilih folder Engine M-Gatot dalam komputer mu,,,

Ket : Pastika Engine M-Gatot  Paste kan didalam Drive C komputer mu

Didalam Class Midlet kita kasih beberapa coding nih untuk menjalankan class tersebut,,,..

public class Religius extends MIDlet {

public void startApp() {

}

public void pauseApp() {

}

public void destroyApp(boolean unconditional) {

}

}

Default kode apabila kita buat class,,, Tambahkan kode ini untuk menampilkan Splash yang pertama kali muncul ketika Game kita buka.

Kode untuk Buat Splash..,,,

Buatkan dulu Package Image di Project untuk menyimpan Gambar yang akan dipake.

private Display ds;

private SplashScreen sp;

private MainMenu mn;

public Display getDisplay(){

return ds;

}

public void startApp() {

ds=Display.getDisplay(this);

sp=new SplashScreen(1);

sp.setImage(“/image/splash.jpg”) ;

sp.setNext(ds, mn);

sp.action(0) ;

}

public void pauseApp() {

}

public void destroyApp(boolean unconditional) {

}

}

Tu saja kode nya,, kita jalankan Splash nya sudah muncul

Sekarang kita akan membuat tampilan menu

Prtama kita deklarasikan dulu variabel nya

private MainMenu mn;

private Image[] submenu;

private Action[] action;

sesudah itu Inisialisasikan ,caranya bisa dengan kita tulis langsung di Start App, atapun lebih bagus nya lagi kita tulis saja di Methode baru..,, lebih praktis.

Buat methode baru ,contoh nya : init()

private void init() {

}

Tambahkan Kode berikut didalam methode init :

mn = new MainMenu(ds, “/image/MainMenu.png”);

submenu = new Image[10];

fungsinya : untuk memanggil image untuk sub menu,,,,

ket : terlebih dahulu tambahkan /paste image menu didalam package image dalam project

  1. Langkah selanjutnya adalah dengan cara memanggil tu tombol2 Menu nya,,, Tambahkan kode berikut dalam method init();

try {

submenu[0] = Image.createImage(“/image/start-off.png”);

submenu[1] = Image.createImage(“/image/score_off.png”);

submenu[2] = Image.createImage(“/image/About_off.png”);

submenu[3] = Image.createImage(“/image/Help_off.png”);

submenu[4] = Image.createImage(“/image/Exit_off.png”);

submenu[5] = Image.createImage(“/image/start-on.png”);

submenu[6] = Image.createImage(“/image/score_on.png”);

submenu[7] = Image.createImage(“/image/About_on.png”);

submenu[8] = Image.createImage(“/image/Help_on.png”);

submenu[9] = Image.createImage(“/image/Exit_on.png”);

action = new Action[5];

mn.setSubmenu(submenu, action);

mn.setPositionSubMenu(40, 100);

mn.setCurrentPos(0);

mn.setDistSubmenu(40);

} catch (IOException ex) {

ex.printStackTrace();

}

Ket : ketika pertama kali kode diketikkan akan muncul tanda error disamping , Gambar :

Di klik Saja tu Error dan pilih “ Try Catch with implements”

Pasti hilang error nya, coba deh…..

Sampai disini sebenarnya kalau kita jalankan sudah jadi deh menu nya,n tampilan nya :

Kalau gak error , tu game dah jadi menu nya, tinggal sekarang  kita buat Action di tiap-tiap tombol menu untuk menampilkan isi perintah dimaksud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s